Home »
» KEMAJUAN GAMES DARI MASA KE MASA
Game atau permainan dalam bahasa Indonesianya bukan hanya untuk
sekedar mencari hiburan saja, tapi sudah merupakan suatu yang menjadi
kebutuhan manusia sekarang ini, karena banyak manfaat yang didapatkan
apabila kita memainkan game. Perkembangan game saat ini sangat pesat.
Mungkin dulu kita belum mengenal video game, yang dimainkan hanya
permainan di dunia nyata seperti permainan tradisoanal. Tetapi seiring
berkembangnya teknologi, kini permainan bisa dilakukan dirumah sendiri
dengan video game dan bukan tidak mungkin untuk kedepannya bukan hanya
video game yang bisa di mainkan tapi virtual game seperti dalam film The
Matrix, kita yang masuk kedalam game itu dan bermain di dunia virtual.
Sebelum membahas tentang perkembangan video game kita lihat dulu
jenis – jenis video game berdasarkan alat yang digunakan dan
berdasarkan genrenya :
Platform atau alat yang digunakan untuk bermain game ada bermacam – macam yaitu
Console games : yaitu alat untuk memainkan video game yang
dihubungkan ke monitor biasanya monitor TV sebagai tampilan atau
outputnya. jenis console game seperti nintendo wii, sega, playstation, x
box dsb.
PC games : video game yang dimainkan di Personal Computer atau Laptop.
Mobile games : Game yang dimainkan di handphone atau PDA
Hendheld games : Game yang dimainkan pada console portable (bisa dibawa kemana-mana) contohnya PSP, nintendo DS, dsb.
Berdasarkan Jenis Genrenya atau cara memainkannya :
RPG (Role Playing Game) : sebuah permainan yang para pemainnya
memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut
sebuah cerita bersama. Contohnya Final Fantasy, Ragnarok, dsb.
RTS (Real TIme Strategy) : suatu permainan komputer yang memiliki
ciri khas berupa permainan perang yang tiap pemainnya memiliki suatu
negara, negara tersebut di kelola dalam hal pengumpulan sumberdaya
(alam, manusia, ekonomi), pengaturan strategi pasukan-pasukan tempur,
diplomasi dengan negara tetanga, peningkatan ekonomi, pengembangan
keyakinan, pengembangan pendidikan dari negara primitif menuju peradaban
modern. Contohnya : Age of Empire, Command n Conquer, Stronghold,
Warcraft, dsb.
FPS (First Person Shooter) : Jenis permainan dengan tampilan pada
layar pemain adalah sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan.
Action games : Permainan yang banyak adegan fisik atau kekerasan.
Simulation games : Video games yang menggambarkan kehidupan seperti
biasa. game ini banyak jenisnya seperti Life Simulation Games contohnya
the sims dan ada juga yang mengendarai suatu kendaraan seperti flight
simulator, trains simulator, bis simulator dsb.
Game diatas mempunyai sejarah yang cukup panjang hingga bisa sampai seperti itu. Berikut gambaran perkembangan teknologi game
Generasi ke-satu
Pada tahun 1952 A.S. Douglas menciptakan permainan grafis pertama,
versi Tic-Tac-Toe. Game tersebut diprogram pada komputer ‘EDSAC
vaccuum-tube’. Pada generasi ini ditemukan pula game pertama yang
dimainkan pada televisi, game ini diberi nama “Chase” oleh seorang
insinyur televisi yang bernama Ralph Bear. Pada tahun 1972 Ralph Bear
membuat game consol pertama yang diberi nama Maganavox’ Odyssey. Game
yang dimainkan pada saat itu adalah “PONG”.

Generasi ke-dua
Permainan video game consol kedua kadang disebut juga sebagai “awal era 8
bit”. Pada pertengahan tahun 1970-an ini menggunakan kemajuan CPU dan
penggunaan catridge sebagai dasar consol. video game ini terdiri dari
mikro prosesor, gamenya dimasukkan kedalam kepingan ROM (Read Only
Memory) yang tertempel didalam tempat plastik cartridge yang dapat
dimasukkan kedalam slot di konsol. Ketika cartridge di masukkan kedalam
konsol, maka tujuan utama mikro prosesor di dalam konsol adalah membaca
memori dari cartridge dan menjalankan program yang tersimpan disana.
Consol game digenerasi ini yang terkenal adalah atari 2600 atau VCS (
Video Computer System) dan terdapat pula console game yang lain yaitu
Intellivision dan Colecovision
Generasi ke-tiga
Generasi video game ke tiga ini dimulai pada tahun 1983 oleh Jepang
melalui peluncuran Famicom yang sekarang dikenal sebagai NES (Nintendo
Entertainment Sistem) dengan salah satu game terkenalnya yaitu mario
bros. NES mempunyai saingan yaitu Sega Master System yang dibuat di
Amerika.
Generasi ke-empat
Generasi ke-empat dimulai pada tanggal 30 Oktober 1987 dengan dirilisnya
Nippon Electric Company (NEC) PC Engine tetapi walaupun NEC telah
dirilis sebagai yang pertama pada generasi ke empat, namun di era ini
tetap didominasi oleh persaingan Nintendo dan Sega, Super Nintendo dan
Sega Mega Drive. Beberapa perusahaan hiburan lainnya juga mulai hadir
pada generasi ini, salah satunya adalah SNK Playmore’s Neo Geo.
Generasi ke-lima
Generasi kelima lebih dikenal sebagai era 32 bit, Generasi ini
berlangsung dari sekitar 1993 sampai 2002 dan didominasi oleh tiga
konsol, yang Sega Saturn (1994), yang Sony PlayStation (1994), dan
Nintendo 64 (1996). DIsini Game sudah tidak lagi menggunakan catridge
yang dimasukan kedalam slot, tetapi sudah menggunakan cd untuk memainkan
gamenya.
Generasi ke-enam
Generasi keenam ini terdapat 4 console terkenal yaitu sega dreamcast,
playstation 2, nintendo game cube dan x-box. Generasi ini dimulai pada
saat tanggal 27 November 1998 dengan dirilisnya DreamCast, selanjutnya
dikeluarkannya console Playstation 2 saat Maret 2000. Sedangkan untuk
console Gamecube dan Xbox mulai dipasarkan sekitar bulan September dan
November. Game pun sudah dikemas kedalam bentuk DVD, kecuali sega
dreamcast yang menggunakan gd-rom.
Generasi ke-tujuh
Pada generasi ini tiap console mulai diperlengkapi dengan sistem
online; tambahannya, seluruh console tersebut memiliki fasilitas
“broadband-ready”. Sega sudah meninggalkan dunia konsole dan
berkosentrasi dalam pembuatan software game.
Generasi ini dimulai dari 22 November 2005 dengan dirilisnya
Microsoft’s Xbox 360 dan diikuti oleh Sony’s Playstation 3 pada 11
November 2006 dan Nintendo’s Wii pada 19 November 2006. Masing-masing
sarana permainan yang baru memperkenalkan type terbaru dalam teknologi.
Sebagai contoh, Xbox 360 dan Playstation 3 menawarkan tampilan atau
grafik dengan kualitas tinggi, pada saat yang sama Nintendo’s Wii fokus
pada pengendali atau biasa yang disebut joystick dengan menggunakan
sensor gerak. Ketiga saran permainan di atas mempunyai joystick tanpa
kabel atau yang disebut dengan wireless.
berikut kelebihan dan kekurangan console games pada generasi ini
Xbox 360
mempunyai kelemahan yang biasa disebut dengan “Red Ring of Death”
yang terjadi pada sistemnya. Oleh sebab itu pihak Microsoft memberikan
garansi 3 tahun pada pemakai agar dapat memperbaikai segala kerusakan
yang diakibatkan oleh system secara gratis. Model terbaru dari Xbox 360
telah dipatenkan daripada yang sebelumnya, mengurangi panas (tidak cepat
panas) dan gagal system. Dalam memproduksi Xbox, tidak membutuhkan
biaya yang mahal karena masih menggunkan teknologi DVD.
Video Output : RGB, VGA, Component, S-Video, Composite, SCART.
Playstation 3
Sony’s Playstation 3 dirilis pada tanggal 11 November 2006 dengan
harga yang lebih mahal daripada Xbox. Playstation mempunyai system
terbaru seperti Cell Microprocessor dan Blue Ray. Penggunaan Blue Ray
sangat menguntungkan konsumen karena disc yang dipakai bisa tahan lama.
Video Output : HDMI, RGB, Component, Composite, S-Video, SCART
Wii
Nintendo memasuki generasi ini dengan pendekatan baru dalam Wii
Console. Wii lebih memilih peningkatan kepuasan melalui interaksi
pemakai dari pada menggunakan teknologi terbaru. Teknologi yang dipakai
oleh Wii adalah sensor gerak yang dapat memnudahkan pemakai memainkan
game.
Video Output : D-Terminal, RGB, Component, Composite, S-Video, SCART
0 komentar:
Posting Komentar